9. PASAR OLIGOPOLI

 

1. 3 definisi pasar oligopoli menurut para ahli:


a. Menurut Sadono Sukirno

Pengertian pasar oligopoli menurut Sadono Sukirno adalah pasar yang terdiri dari beberapa produsen saja.

b. Menurut Wilson Bangun

Pengertian pasar oligopoli menurut Wilson Bangun adalah pasar yang termasuk dalam jenis pasar persaingan tidak sempurna. Pasar ini memiliki penjual yang jumlahnya lebih sedikit apabila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna, tetapi lebih banyak daripada pasar monopoli.

c. Menurut Sa’adah Fauziah

Pengertian pasar oligopoli menurut Sa’adah Fauziah adalah pasar yang tidak sempurna karena pasar tersebut hanya terdiri atas beberapa penjual yang ingin menguasai pasar, dan produk yang dijual sifatnya homogen.


2. Ciri2 pasar oligopoli

a. Terdapat sedikit penjual (3 sampai dengan 10) yang menjual produk substitusi, artinya yang mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang (cross elasticity of demand) yang tinggi.

b. Terdapat rintangan untuk memasuki industri oligopoli. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.

c. Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain dalam industri.

 

3. Hambatan2 untuk memasuki pasar oligopoli

a. Skala ekonomi.

Skala ekonomi yang dinikmati oleh perusahaan –perusahaan yang terdapat dalam pasar oligopoli dapat menjadi penghambat yang sangat penting kepada perusahaan baru untuk masuk kedalam industri itu. Apabila perusahaan oligopolis dapat menikmati skala ekonomi sehingga ketingkat produksi yang sangat besar, ini berarti semakin banyak produksinya semakin rendah biaya produksi per unitnya.

b. Perbedaan Biaya Produksi.

Yang dijelaskan diatas adalah biaya produksi per unit yang berbeda sebagai akibat dari tingkat (jumlah) produksi yang berbeda. Disamping itu biaya produksi dapat pula berbeda pada tingkat produksi yang sama.

c. Keistimewaan Hasil Produksi.

Keistimewaan yang dimiliki oleh barang yang diproduksikan oleh perusahaan lama merupakan sumber lain yang dapat menghambat kemasukan perusahaan baru. Keistimewaan ini dapat dibedakan dalam beberapa bentuk, yang pertama adalah karena barang tersebut sudah sangat terkenal dan masyarakat sudah menaruh kepercayaan dan penghargaan yang tinggi keatas barang tersebut. Tanpa dapat menawarkan barang lain yang jauh lebih baik dari barang yang dikenal masyarakat ini, perusahaan baru akan mengalami kesukaran untuk bersaing dengan baik dipasaran.

 

4. Kebaikan dan kelemahan pasar oligopoli

a. Kebaikan pasar oligopoli.

1) Industri-industri oligopoly bisa mengadakan inovasi dan penerapan teknologi baru yang paling pesat.

2) Terdorong untuk berlomba penemuan proses produksi baru dan penurunan ongkos produksi.

3) Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.

b. Kelemahan pasar oligopoli.

1) Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar (excess profit) yang dinikmati produsen.

2) Tidak efisiensi produksi karena setiap produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum.

3) Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh.

4) Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro.

 

5. Contoh pasar oligopoli.

a. Industri semen

b. Industri kendaraan bermotor

c. Rokok

d. Layanan Telekomunikasi

e. Jasa penerbangan

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3. TEORI PENAWARAN EKUILIBRIUM

P AKUTANSI 1 "POTONGAN PEMBELIAN"